Perjalanan Menuju Perubahan

Berubah adalah kata yang mudah diucapkan, tapi sulit untuk dilakukan. Tahun 2022 secara tidak langsung mengajarkan berubah, perubahan, dan mengubah jalan cerita dari sebuah rute kehidupan. Langkah yang berbeda, cara pandang yang bervariasi, serta orang yang baru menjadi cara kehidupan mengajarkan implementasi resolusi tahun baru. Tampak indah, namun sangat berat untuk dijalani.

Pemandangan Kota Surabaya Kala Senja

Cerita dari perjalanan memberikan banyak pesan bagi setiap kita untuk berbenah dan merefleksikan diri. Sesaat lagi ribuan kembang api akan dilepaskan ke langit, tapi apakah kita sanggup melepaskan belenggu diri yang sudah lama mendekam dalam diri? Apakah tahun baru hanya sebatas acara spesial bersama keluarga, teman, dan siapapun, kemudian esok hari semua kembali seperti biasa? Ataukah tahun baru jadi sarana untuk melihat diri sendiri di cermin dengan tumpukan lemak dan kerutan wajah yang semakin lama menua?

Tahun akan terus berganti, waktu terus berjalan, dan kita semua berjalan menuju sebuah keabadian bernama kematian suatu saat nanti di salah satu titik kehidupan. Tapi apakah sepanjang rute itu sudah banyak hal yang diresapi, berapa halaman novel kehidupan yang sudah ditulis, dan sejauh apa kisah itu membentuk karakter tokoh protagonis di cerita itu. Kisah itulah yang akan menjadi catatan kehidupan yang penting untuk digarisbawahi setiap akhir tahunnya.

Tahun 2022 sangat cepat berlalu dan banyak hal yang sudah terjadi, baik suka maupun duka. Tersenyum, menangis, dan menatap tegap adalah 3 hal yang dapat dilakukan hari ini menuju esok hari dengan angka tahun yang berbeda. Hidup tidak berbicara tentang kesempurnaan, tetapi penyempurnaan yang prosesnya berbeda untuk setiap orang. Biarlah tahun 2023 juga semakin banyak penyempurnaan yang terjadi untuk diri kita yang hari ini menuliskan kisahnya.

Selamat menyambut Tahun Baru 2023!

Leave a comment